KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN FAHMUL MAQRU DI MA’HAD AL-KHANSA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK TAHUN AKADEMIK 2017/2018
Main Author: | HAFIZI, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1143/1/II%20-%20IV.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1143/1/I%20%26%20V.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1143/ |
Daftar Isi:
- Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi atau vokasi. Pembelajaran bahasa Arab berbeda dengan bahasa asing lainnya. Fenomena linguistik bahasa Arab belum banyak ditemui persamaannya dalam bahasa Indonesia. Dari hal tersebut peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian di Mahad Al-Khansa bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa Ma’had Al-Khansa dalam mengikuti pembelajaran Fahmul Maqru di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun Akademik 2017/2018. (2)Untuk mendiskripsikan kesulitan yang dihadapi mahasiswa Ma’had Al-Khansa dalam mengikuti pembelajaran Fahmul Maqru di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun Akademik 2017/2018. (3)Untuk mengetahui proses pembelajaran Fahmul Maqru di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun Akademik 2017/2018.Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan pengumupulan data menggunakan wawancara dan observasi langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Alat pengumpul data berupa lembar hasil wawancara dan hasil observasi langsung. Hasil yang di peroleh dari wawancara dan observasi langsung menunjukkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Mahad AlKhansa pada Mata Kuliah Fahmul Maqru di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak, yaitu kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan pada saat menyimak (fahm al-masmû’), berbicara (muhâdatsah), membaca (qirâ’ah) dan menulis (kitâbah).