INVENTARISASI TUMBUHAN PAKU DI KEBUN RAYA SAMBAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUB MATERI PTERIDOPHYTA DI SMA
Main Author: | SETIADI, AGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1142/1/II%20-%20IV.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1142/1/I%20%26%20V.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1142/ |
Daftar Isi:
- Potensi tumbuhan paku di Kebun Raya Sambas belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar di sekolah karena tidak ada penelitian tumbuhan paku sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan kegiatan inventarisasi tumbuhan paku. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan paku teresterial di Kebun Raya Sambas dan mengetahui potensinya sebagai sumber belajar pada submateri Pteridophyta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksplorasi. Sumber data berupa tumbuhan paku yang terdapat di Kebun Raya Sambas dan dokumen master plan Kebun Raya Sambas. Teknik pengambilan data berupa observasi, pengambilan sampel, identifikasi tumbuhan, dan wawancara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, peralatan pengambilan sampel, buku identifikasi tumbuhan dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 spesies yang terbagi menjadi 7 famili yaitu Famili Blechnaceae, family Pteridaceae, family Thelypteridaceae, family Gleicheniaceae, family Dryopteridaceae, family Lycopodiales, dan family Dennstaedtiaceae. Hasil penelitian ini telah memenuhi sebagai syarat sumber belajar pada submateri Pteridophyta di SMA yaitu kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan belajar, kejelasan sasaran, kejelasan informasi yang diungkap, kejelasan pedoman eksplorasi, dan kejelasan perolehan yang diharapkan. Hasil penelitian ini layak digunakan sebagai sumber belajar pada submateri Pteridophyta.