Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Pontianak

Main Authors: Aditya Firmansyah, mr, Dini Hadiarti, mrs, Rody Putra Sartika, mrs
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/
ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/</relation><title>Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X &#xD; SMK Negeri 7 Pontianak</title><creator>Aditya Firmansyah, mr</creator><creator>Dini Hadiarti, mrs</creator><creator>Rody Putra Sartika, mrs</creator><subject>QD Chemistry</subject><description>Abstrak&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui hasil tugas dan ujian siswa masih kurang praktis. Hal ini dibuktikan bahwa siswa perlu menunggu hasil tugas dan ujian selama 3 hari sampai 1 minggu, untuk itu dibutuhkan media untuk membantu guru menilai hasil tugas dan ujian siswa secara cepat yaitu wondershare quiz creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dengan menggunakan wondershare quiz creator pada materi konsep mol siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. Model pengembangan instrumen penilaian yang digunakan ini adalah 3-D yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran, komunikasi langsung, dan komunikasi tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen penilian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan sangat layak, mendapat respon positif dari siswa sebesar 76,49% dengan kriteria kuat, dan respon positif dari guru sebesar 90% dengan kriteria sangat kuat. Keefektifan diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,106 &gt; 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan sebelum dan sesudah diberikan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan valid, mendapat respon positif, dan kurang efektif digunakan untuk membantu guru dalam menilai hasil ujian.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci:, Konsep Mol. Pengembangan, Wondershare Quiz Creator.</description><publisher>UM Pontianak</publisher><date>2015-03-22</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf</identifier><identifier> Aditya Firmansyah, mr and Dini Hadiarti, mrs and Rody Putra Sartika, mrs (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. FKIP Program Studi KIMIA. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aditya Firmansyah, mr
Dini Hadiarti, mrs
Rody Putra Sartika, mrs
title Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Pontianak
publisher UM Pontianak
publishDate 2015
topic QD Chemistry
url http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/
contents Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui hasil tugas dan ujian siswa masih kurang praktis. Hal ini dibuktikan bahwa siswa perlu menunggu hasil tugas dan ujian selama 3 hari sampai 1 minggu, untuk itu dibutuhkan media untuk membantu guru menilai hasil tugas dan ujian siswa secara cepat yaitu wondershare quiz creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dengan menggunakan wondershare quiz creator pada materi konsep mol siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. Model pengembangan instrumen penilaian yang digunakan ini adalah 3-D yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran, komunikasi langsung, dan komunikasi tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen penilian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan sangat layak, mendapat respon positif dari siswa sebesar 76,49% dengan kriteria kuat, dan respon positif dari guru sebesar 90% dengan kriteria sangat kuat. Keefektifan diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,106 > 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan sebelum dan sesudah diberikan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan valid, mendapat respon positif, dan kurang efektif digunakan untuk membantu guru dalam menilai hasil ujian. Kata Kunci:, Konsep Mol. Pengembangan, Wondershare Quiz Creator.
id IOS6300.112
institution Universitas Muhammadiyah Pontianak
affiliation ptma.onesearch.id
institution_id 748
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak
library_id 763
collection Institutional Repository UM Pontianak
repository_id 6300
subject_area Econmics/Ilmu Ekonomi
Public Preventive Medicine/Ilmu Kesehatan Masyarakat
Islam/Agama Islam
Aquatic Ecology and Freshwater Ecology/Ekologi Perairan dan Ekologi Air Tawar
city KOTA PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
repoId IOS6300
first_indexed 2018-10-24T05:01:25Z
last_indexed 2018-10-24T05:01:25Z
recordtype dc
_version_ 1686411822632009728
score 17.538404