Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Pontianak
Main Authors: | Aditya Firmansyah, mr, Dini Hadiarti, mrs, Rody Putra Sartika, mrs |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Pontianak
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/ |
ctrlnum |
112 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/</relation><title>Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X 
SMK Negeri 7 Pontianak</title><creator>Aditya Firmansyah, mr</creator><creator>Dini Hadiarti, mrs</creator><creator>Rody Putra Sartika, mrs</creator><subject>QD Chemistry</subject><description>Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui hasil tugas dan ujian siswa masih kurang praktis. Hal ini dibuktikan bahwa siswa perlu menunggu hasil tugas dan ujian selama 3 hari sampai 1 minggu, untuk itu dibutuhkan media untuk membantu guru menilai hasil tugas dan ujian siswa secara cepat yaitu wondershare quiz creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dengan menggunakan wondershare quiz creator pada materi konsep mol siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. Model pengembangan instrumen penilaian yang digunakan ini adalah 3-D yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran, komunikasi langsung, dan komunikasi tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen penilian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan sangat layak, mendapat respon positif dari siswa sebesar 76,49% dengan kriteria kuat, dan respon positif dari guru sebesar 90% dengan kriteria sangat kuat. Keefektifan diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,106 > 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan sebelum dan sesudah diberikan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan valid, mendapat respon positif, dan kurang efektif digunakan untuk membantu guru dalam menilai hasil ujian.



Kata Kunci:, Konsep Mol. Pengembangan, Wondershare Quiz Creator.</description><publisher>UM Pontianak</publisher><date>2015-03-22</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf</identifier><identifier> Aditya Firmansyah, mr and Dini Hadiarti, mrs and Rody Putra Sartika, mrs (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. FKIP Program Studi KIMIA. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Aditya Firmansyah, mr Dini Hadiarti, mrs Rody Putra Sartika, mrs |
title |
Pengembangan Instrumen Penilaian (Assesment) Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X
SMK Negeri 7 Pontianak |
publisher |
UM Pontianak |
publishDate |
2015 |
topic |
QD Chemistry |
url |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/1/JURNAL%20ADITYA%20FIRMANSYAHOK.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/112/ |
contents |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian yang digunakan guru untuk mengetahui hasil tugas dan ujian siswa masih kurang praktis. Hal ini dibuktikan bahwa siswa perlu menunggu hasil tugas dan ujian selama 3 hari sampai 1 minggu, untuk itu dibutuhkan media untuk membantu guru menilai hasil tugas dan ujian siswa secara cepat yaitu wondershare quiz creator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dengan menggunakan wondershare quiz creator pada materi konsep mol siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak. Model pengembangan instrumen penilaian yang digunakan ini adalah 3-D yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran, komunikasi langsung, dan komunikasi tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen penilian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan sangat layak, mendapat respon positif dari siswa sebesar 76,49% dengan kriteria kuat, dan respon positif dari guru sebesar 90% dengan kriteria sangat kuat. Keefektifan diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,106 > 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang tidak signifikan sebelum dan sesudah diberikan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian menggunakan wondershare quiz creator yang dikembangkan valid, mendapat respon positif, dan kurang efektif digunakan untuk membantu guru dalam menilai hasil ujian.
Kata Kunci:, Konsep Mol. Pengembangan, Wondershare Quiz Creator. |
id |
IOS6300.112 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Pontianak |
affiliation |
ptma.onesearch.id |
institution_id |
748 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak |
library_id |
763 |
collection |
Institutional Repository UM Pontianak |
repository_id |
6300 |
subject_area |
Econmics/Ilmu Ekonomi Public Preventive Medicine/Ilmu Kesehatan Masyarakat Islam/Agama Islam Aquatic Ecology and Freshwater Ecology/Ekologi Perairan dan Ekologi Air Tawar |
city |
KOTA PONTIANAK |
province |
KALIMANTAN BARAT |
repoId |
IOS6300 |
first_indexed |
2018-10-24T05:01:25Z |
last_indexed |
2018-10-24T05:01:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686411822632009728 |
score |
17.538404 |