PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAWATAN JENAZAH DI KELAS XI IIS SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | SHIDDIQ, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1115/1/141410702.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1115/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL ) terhadap hasil belajar siswa pada materi perawatan jenazah di kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design yang diterapkan pada kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan perhitungan statistik dari nilai rata-rata pretest pada kelas ekperimen yaitu 58,13 dan nilai ratarata post-test kelas eksperimen yaitu 86,56, diperoleh thitung sebesar -28,730 dan ttabel sebesar -2,040 dengan taraf signifikansi 5%. Karena -thitung < -ttabel (-28,730 < - 2,040 ), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji regresi linear sederhana mengindikasikan bahwa model problem based learning (PBL ) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (nilai Sig. < 0,05, r kuadrat 0,720). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning (PBL ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi perawatan jenazah di kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2019/2020.