PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH RAUDHATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN KANWIL KEMENAG PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Main Author: | NAIYAH, ISMA I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1110/1/141310248.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1110/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan orang tua siswa memilih Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, dengan sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Analisis data yang dilakukan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana adalah Ŷ = 1,595 + 0,611X. Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,545, yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bauran pemasaran dengan variabel keputusan orang tua siswa adalah cukup. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,297, yang berarti bahwa 29,7% keputusan orang tua siswa dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran sedangkan sisanya yaitu sebesar 70,3% keputusan orang tua siswa dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa nilai Fhitung 41,468 > Ftabel 3,94, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi keputusan orang tua siswa yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.