PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MENGGUNAKAN JASA SIMPAN PINJAM DI KOPERASI RESTU BERDIKARI KECAMATAN SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG
Main Author: | SANTOSO, BANGUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1092/1/141310079.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1092/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota menggunakan jasa simpan pinjam di Koperasi Restu Berdikari Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah anggota koperasi yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dalam hal ini peneliti memberikan syarat kepada responden yang melakukan pinjaman minimal 5 bulan dan sudah menjadi anggota minimal 2 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R ), dan uji kelayakan model, dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 24. 2 Hasil persamaan regresi linier sederhana menunjukkan persamaan: Y = 3,444 + 0,217 X. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,790 yang berarti bahwa terdapat korelasi yang kuat antara kepuasan (X) dan loyalitas (Y). Nilai R (R Square) sebesar 0,624 atau 62,4%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel bebas (kepuasan) terhadap variabel terikat (loyalitas anggota) sebesar 62,4% sedangkan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung sebesar 162,573 dan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 < 0,05 artinya bahwa variabel kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas anggota menggunakan jasa simpan pinjam di Koperasi Restu Berdikari Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. 2