PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGENALKAN HURUF-HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE AL-BARQY DI TAMAN KANAKKANAK AISYIYAH KORPRI KUBU RAYA
Main Author: | MUHARLIANA, PINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1035/1/131610433.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1035/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum optimalnya kemampuan mengenal huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy pada saat guru melakukan tanya jawab. Ada sebagian anak tidak mampu membrikan informasi atau keterangan yang ditanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun mengenal huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK) metode yang digunakan deskriptif, ini dilakukan untuk mengetahui keadaan atau kondisi terjadi dan hasilnya dalam bentuk laporan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif yang adanya kerja sama antara peneliti dan guru, subjek penelitian yaitu, anak kelompok B di aisyiyah korpri kubu raya dan teknik alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung,teknik komuniksi langsung dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian ini yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat : 1) peningkatan huruf hijaiyah melalui metode al-barqy dan telah dilaksanakan dengan baik, 2) upaya guru dalam meningkatkan huruf hijiayah melalui metode al-barqy dilaksanakan sangat baik dengan mempersiapkan RPPH dan media pembelajaran, 3) terjadi peningkatan huruf hijaiyah anak melalui metode al-barqy, seperti ا د ر ج , م ه ك ي ,ك ت و ن, س م ل ب, yang diberikan oleh guru saat metode al-barqy berlangsung. Kata kunci : peningkatan kemampuan mengenal huruf-huruf hijaiayah, metode al-barqy.