PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA KELAS XI IPS 3 TAHUN AJARAN 2018/2019
Main Author: | HAMDANI, 141410712 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/1025/1/Skripsi.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/1025/ |
Daftar Isi:
- Hamdani (141410712) Problematika Guru dalam Mengelola Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran pada Siswa di SMA Negeri 2 Sungai Raya Kelas XI IPS 3 Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak. Di bawah bimbingan bapak Eli, S.Ag, M.Pd.I dan H. Nilwani, S.Ag. M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru harus pandai mewujudkan minat yang tinggi supaya siswa mempunyai kemampuan yang baik yaitu siswa dapat membaca al-Quran. Pembelajaran membaca al-Quran adalah upaya guru agar siswa mampu membaca al-Quran dengan fasih dan membaca dengan tartil yang harus berangkat dari minat siswa yang tinggi, sehingga siswa aktif belajar dan latihan. Masalah dalam Penelitian adalah (1) Apa saja problematika yang dihadapi guru dalam mengelola pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya? (2) Bagaimana cara mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam mengelola pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya? (3) Apa saja hambatan guru dalam mengatasi problematika pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian survey dan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah, pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto/dokumen. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Problematika yang dihadapi guru dalam mengelola pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya ada beberapa problem yaitu dalam mengenalkan huruf hijaiah, dalam mempelajari dan memahami tanda baca pada tiap ayat al-Quran, dalam mempelajari panjang pendeknya harakat yang harus dibaca, dalam mengetahui teknik membaca al-Quran, ketika mempraktekan cara membaca al-Quran (2) Cara mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam mengelola pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya yaitu guru memeberikan kefahaman tajwid dan terus berlatih membaca al-Quran, siswa mendengarkan dan menyimak lantunan bacaan al-Quran melalui audio, siswa meniru lantunan ayat-ayat al-Quran secara berulang-ulang, siswa melatunkan bacaan al-Quran di depan guru (3) Hambatan guru dalam mengatasi problematika pembelajaran baca tulis al-Quran pada siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Sungai Raya antara lain: pertama, dari orang tua siswa, orang tua harus serius mendidik anak-anaknya di rumah untuk belajar membaca al-Quran, kedua dari siswanya, ketiga guru semestinya menggunakan metode belajar al-Quran yang kreatif/motivatif dan menyenangkan Kata Kunci: Problematika, Pengelolaan BTA.