Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Sekolah Dasar

Main Authors: Riski Wahyuni, Hamimah
Format: Article info eJournal
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/835
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Team Quiz di kelas V SD Negeri 17 Gobah Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V dimana dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 82,14% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (AB), b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh nilai 82,95% (B) dan aspek siswa memperoleh nilai 77,27 (C) meningkat pada siklus II pada aspek guru menjadi 95,45% (AB) dan aspek siswa juga memperoleh 95,45%  c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,26 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,60 dengan persentase ketuntasan 90%.