Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 11 Gadut
Main Authors: | Cyntia Septianingrum, Hamimah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/830 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/830/747 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan menggambarkan peningkatan hasil belajar tema 3 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick di kelas V SD Negeri 11 Gadut. Penelitian ini merupakan penalitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah gutru kelas V sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa SD Negeri 11 Gadut yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada sisklus I 75%, meningkat pada siklus II menjadi 89,43%. b) b) hasil aktivitas guru pada siklus I 78,75%, meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. c) hasil aktivitas siswa pada siklus I 77,5%, meningkat pada siklus II menjadi 85%. d) penilaian hasil belajar siswa, pada siklus I rata-ratanya yaitu 65,85 lalu meningkat pada siklus II menjadi 92,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Talkng Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3.