Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
Main Authors: | Silvani, Salli , Yunisrul, Yunisrul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/788 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/788/706 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 09 Gumarang. Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan tema sebagai fokus utama. Pembelajaran tematik mengupayakan agar peserta didik dapat mengenali konsep-konsep secara lebih jelas dan melibatkan peserta didik secara lebih aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan 21 orang peserta didik kelas V SD Negeri 09 Gumarang. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Persentase penilaian RPP mengalami peningkatan dari 81,25% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. (2) Pada aspek guru meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. (3) Pada aspek peserta didik meningkat dari 75,75% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II.