Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Di Kelas V Sekolah Dasar

Main Authors: Rahayu, Tika , Abidin, Zainal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/726
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/726/650
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe CRH di  kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian guru dan siswa elas. Penelitian dilaksanakan dengan siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP pada siklus I dengan rata rata 79,15% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi A. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 83,33% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi A, dan dari aspek siswa siklus  I adalah 83,33% dengan kualifikasi B meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi A. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang