Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V
Main Authors: | Hidayat, Rahmat , Reinita, Reinita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/648 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/648/575 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Listening Team di Kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan 28 orang siswa kelas VB SDN 22 Andalas Padang Timur. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Persentase penilaian RPP mengalami peningkatan dari 81,25% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. (2) Pada aspek guru meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. (3) Pada aspek siswa meningkat dari 80% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. (4) Hasil belajar pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 41,07% menjadi 92,85% pada siklus II.