Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar

Main Authors: Yulianti, Tiara , Muhammadi, Muhammadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/599
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/599/526
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bermaksud untuk menjabarkan tentang implemetasi pembelajaran tematik terpadu  menggunakan model kooperatfi tipe make a match di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penjabaran studi literatur ini, dutemukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match memperoleh tanggapan yang baik dari siswa. Hal itu dapat dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa sehingga hasil belajar juga ikut meningkat. Hal ini dapat dilihat bahwa meningkatnya kegiatan  belajar siswa baik fisik maupun psikis dan pembelajaran yang lebih menyenangkan menggunakan model kooperatif tipe make a match. Respon positif tersebut pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar