Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Nanggalo Padang

Main Authors: Melisa Erwani, Rivda Yetti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/595
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/595/522
Daftar Isi:
  • Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah 1) untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran sains; 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan   guru; 3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran sains yang dilakukan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Nanggalo Padang berkembang dengan baik:1) tahap mengamati, terlihat anak memperhatikan  pembelajaran yang diberikan oleh guru; 2) tahap menanya, terlihat anak sudah dapat menanyakan sesuatu sesuai dengan pembelajarannya.; 3) tahap mencoba, terlihat anak mampu mencoba atau mempraktekkan secara langsung proses pembelajaran; 4) tahap menalar, anak dapat berpikir atau menganalisa mengenai pelaksanaan pembelajar tahap mengkominikasi, ini terlihat saat anak selesai belajar dimana anak bisa menceritakan apa-apa saja pembelajaran yang telah dilakukan.