Model Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Main Authors: Topandra, Melchano , Hamimah, Hamimah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/592
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/592/519
Daftar Isi:
  • Pada saat ini pembelajaran dilapangan terlihat guru masih belum mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif, membuat peserta didik menjadi aktif, dan menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Hal inilah yang membuat peserta didik menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Maka perlu diadakan perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran demi hasil belajar peserta didik yang meningkat serta mengoptimalkan segala kemampuan siswa sebagaimana yang diharapkan pada kurikulum 2013. Salah satu cara yang tepat dan sesuai dengan kurikulum 2013 ialah dengan menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match dalam  pembelajaran tematik terpadu. Keberhasilan penggunaan model kooperatif tipe Make a Match ini telah terbukti dari lima sumber jurnal yang telah pernah melakukan penelitian dengan model kooperatif tipe Make a Match ini di Sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari dua siklus, presentase ketuntasan siswa yang mulanya dibawah 80% dan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match presentase ketuntasan siswa mampu menyentuh angka 90% dalam pembelajaran tematik terpadu