Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD
Main Authors: | Dinata, Tegar Praja , Reinita, Reinita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/584 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/584/512 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penanaman nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar. Karena pendekatan/model yang diterapkan guru masih belum bervariatif dan menekankan pada penanaman nilai karakter. Guru kurang memperhatikan segi sikap dan keterampilan akan tetapi lebih cendrung meningkatkan aspek kognitif. Guru masih menjadi titik sentral dalam pembelajaran, akibatnya peserta didik tidak terlibat secara aktif sehingga proses belajaran menjadi membosankan. Pendekatan VCT merupakan pendekatan pembinaan nilai sikap yang telah tertanam dalam diri peserta didik dengan proses mencari, menentukan dan menganalisis nilai-nilai kebaikan. Pada proses pembelajaran, nilai-nilai tersebut dibangun dengan melibatkan peserta didik secara aktif untuk menganalisis suatu permasalahan yang diberikan. Penelitian ini merupaka npenelitian studi literatur, yang diawali dengan merumuskan review dan batasan variabel yang ditetapkan, kemudian dilakukan pengekstrakan sumber dan seleksi data, selanjutnya pilih jurnal yang tepat kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Data penelitian dihimpun dengan teknik studi literatur, yaitu mengumpulkan sumber-sumber baik melalui buku, skripsi, dan jurnal-jurnal yang telah dipublis serta sumber relevan lainnya. Pendekatan VCT ditinjau dari hasil penelitian terbukti efektif digunakan dalam penenman nilai karakter peserta didik dan dapat meningkatkan proses belajaran pembelajaran tematik integratif/terpadu di SD