Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Main Authors: Febiola, Silvia , Yulsyofriend, Yulsyofriend
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566/495
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dikembangkan berdasarkan pada pentingnya berbicara dalam kehidupan, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan  media flash card terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Kemampuan berbicara termasuk ke dalam salah satu komponen perkembangan bahasa. Kemampuan berbicara adalah kemampuan seseorang dalam mengungkapkan pikiran atau pendapat yang dilakukan secara lisan agar bisa dipahami dan dimengerti oleh orang lain.  Kemampuan berbicara sangat penting di stimulasi sejak dini karena anak usia dini sudah mampu berperan aktif dalam berkomunikasi. Anak yang mengalami kesulitan mengungkapkan gagasaan, berbicara dan mengucapkan bunyi huruf membutuhkan stimulasi yang tepat agar kemampuan berbicara bisa berkembang sesuai usianya.  Kemampuan berbicara dapat dikembangkan salah satunya dengan menggunakan media flash card. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media flash card dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini dengan bantuan gambar dan huruf  timbul yang ada pada media flash card kemudian  membuat anak tertarik, mudah mengingat kosakata baru, mampu menyebutkan bentuk dan bunyi huruf, melatih kemampuan menyimak serta menstimulasi anak untuk berfikir kemudian membuat anak bisa mengungkapkan pendapat yang terlihat dari cara berbicara.