PENGARUH KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHAKTI BUNDA PADANG

Main Authors: Zein, Riwayati, Dahlia, Roza, Tonara, Ana Diana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2019
Subjects:
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/542
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/542/477
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa di TK Bhakti Bunda Padang kemampuan anak dalam merangkai huruf menjadi kata dan membaca gambar cenderung masih rendah dan belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap   kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Sampel penelitian dengan sampling  purposive terdiri dari  kelas  eksperimen 14 orang  dan  kelas  kontrol 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang.