MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII 3 SMPN 1 LIRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Main Author: Zuhaidah, Zuhaidah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2020
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/533
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/533/468
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lirik belum mencapai nilai kriteria kelulusan minimal pada pebelajaran Bahasa Inggris disebabkan kurang tepatnya memilih model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick di kelas VII 3 SMP Negeri 1 Lirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 76%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 83%. (2) aktifitas siswa pada siklus 1 yaitu 68%, pada siklus 2 meningkat yaitu 78% (3) Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 67,7%, dan meningkat pada siklus 2 sebesar 87,1%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sangat cocok digunakan pada pembelajaran Bahasa Inggris dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 3 SMP Negeri 1 Lirik