HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL GURU TK SE-KECAMATAN SENAPELAN KOTA PEKANBARU

Main Authors: Rahmadhani, Nia, Novianti, Ria, Hukmi, Hukmi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2019
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/402
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/402/358
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kecerdasan interpersonal pada guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru yang berhubungan dengan konsep diri guru TK, dimana adanya guru yang susah untuk merasakan dan memahami perubahan orang lain, kurangnya kepedulian guru terhadap guru lain yang mendapatkan musibah, sulitnya berinteraksi, kurang menjalin komunikasi yang baik sehingga menyebabkan suasana kerja yang kurang harmonis, kurang terbukanya guru dalam menginformasikan hasil inovasi belajar dan mengajar yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kecerdasan interpersonal guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan penelitian korelasi. Adapun populasi dari penelitian ini adalah guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru yang berjumlah 80 guru TK, sampel penelitian ini sebanyak 60 guru TK yang diambil dengan menggunakan rumus sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment menggunakan program SPSS Ver. 22. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kecerdasan interpersonal guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar rxy= 0,391 dan taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Tingkat hubungan konsep diri dengan kecerdasan interpersonal guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru termasuk dalam kategori rendah nilai koefisien determinasi yang dihasilkan 15,3%, memiliki makna bahwa konsep diri memberi pengaruh sebesar 15,3% terhadap kecerdasan interpersonal.