UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Main Authors: Dharmawan, Bagus, Sulasmono, Bambang Suteng, Setyaningtyas, Eunice Widyanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2019
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/281
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/281/259
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kebondowo 01. Penggunaan model pembelajaran Problem-based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Untuk melihat peningkatan hasil belajar peneliti  menggunakan aplikasi microsoft excel. Peningkatan hasil belajar siswa  yang dapat dilihat pada pra siklus ke siklus I peningkatannya dari 4 siswa menjadi 19 siswa atau sebanyak 15 siswa (41%) meningkat, dari siklus I ke siklus II dari 19 siswa menjadi 28 siswa atau sebanyak 9 siswa (24%) mengalami peningkatan. Jadi dapat disimpulkan dari data diatas bahwa Model Problem based Learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4.