PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN

Main Authors: Delfia, Eva, Nurhafizah, Nurhafizah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2019
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/274
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/274/252
Daftar Isi:
  • Artikel ini menguraikan profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam merancang pembelajaran untuk anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wahana pendidikan yang fundamental dalam memberikan kerangka dasar dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap, keterampilan, pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, emosional, bahasa sesuai dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.  Untuk mencapai tujuan tersebut guru yang profesional harus merancang pembelajaran untuk anak usia dini itu disesuaikan dengan STPPA, tahap perkembangan anak, sesuai dengan tahap usia, memenuhi kebutuhan belajar anak, sesuai dengan minat bakat anak, serta mengembangkan kurikulum yang sudah ada. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus merancang pembelajaran dengan baik agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Guru sebagai wahana untuk membantu berjalannya pendidikan maka dari itu profesioanalisme guru itu terlihat ketika guru mampu merancang pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan dengan mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dalam merancang pembelajaran.