PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMK PADA MATERI SPLDV TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Ganiati, Mentari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia , 2018
Online Access: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/169
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/169/158
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan disposisi matematik siswa SMK  dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-RPL 1 di salah satu SMK swasta di kota Cimahi tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 29 orang. Instrument yang digunakan angket dan lembar penilaian disposisi matematik siswa, lembar observasi terhadap guru dan siswa. penelitian ini terdiri dari 2 siklus (6 kali pertemuan). Setiap siklusnya terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan disposisi matematik siswa meningkat dengan menunggunakan pendekatan realistic mathematics education pada pembelajarannya.