Strategi Pengembangan Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Danakita Syariah

Main Authors: Novijanti, Erma, Hubeis, Musa, Zakaria, Fransiska R
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pertanian Bogor , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/39785
http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/39785/22941
Daftar Isi:
  • Koperasi memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia dan diharapkan dapat berperan sebagai pilar ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia secara adil dan merata. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis mutu pelayanan yang diberikan Koperasi Karyawan Danakita Syariah dalam meningkatkan loyalitas anggota, dan (2) menyusun strategi pengembangan loyalitas anggota Koperasi Danakita Syariah dalam mencapai target penjualan. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan 220 orang responden, teknik analisis data Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS) dan analisis Strength, Weaknesses, Opportunity and Threats (SWOT). Berdasarkan hasil analisis data dengan metode SEM PLS memuat nilai Outer Loading, anggota tidak puas dengan pelayanan dari Koperasi Karyawan Danakita Syariah, namun masih sangat setia dengan keberadaannya yang ditunjukkan dengan nilai Outer Loading pada peubah loyalitas pelanggan/anggota sangat loyal. Strategi pengembangan loyalitas anggota Koperasi Karyawan Danakita Syariah dapat dilakukan melalui: (1) Pengoptimalan diversifikasi usaha dalam mencegah risiko usaha; (2) Peningkatan mutu pelayanan dengan meningkatkan komunikasi antara anggota dengan pengurus, transparansi pengurus terhadap anggota koperasi dan pembiayaan terhadap kebutuhan anggota; (3) Menambah dan meningkatkan akses pemasaran koperasi agar pendapatan koperasi menjadi lebih besar; (4) Penyediaan dana kredit yang mudah dan terjangkau bagi anggota koperasi