PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Main Author: Nurdalilah, Nurdalilah
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN , 2018
Online Access: http://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/66
http://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/66/98
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak memerlukan pemahaman tentang konsep-konsep dalam tiap materinya. Konsep yang dipelajari bisa menggunakan pengalaman siswa atau benda konkrit yang ada di lingkungan sehari-hari. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan yang harus dimiliki tidak hanya kemampuan berhitung melainkan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, representasi, koneksi, dan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) , (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain post test only. Data diperoleh dari instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk essay. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki nilai  rata-rata 31,9697, 2) Hasil dari uji hipotesis menunjukkan ???? yaitu 2,925 > 1,996 . Kesimpulannya bahwa kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model Pembelajaran Ekspositori. > ????