TEKNIK PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BERBASIS SAINSTIFIK

Main Author: Sujarwo, Dara Fitrah Dwi, Rosmilan Pulungan
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN , 2020
Subjects:
Online Access: https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/585
https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/585/576
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran yang terjadi merupakan aktivitas belajar yang melibatkan semua peserta didik didalam kelas baik secara fisik maupun psikis. Untuk menjaga keterlibatannya, pendekatanyang digunakan dalam pembelajaran adalah pendekatan sainstifik, peserta didik melakukan pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi dengan cara melakukan atau bereksperimen,mengolah informasi atau mengasosiasi dan menyampaikan hasilnya kepada peserta didik lain. Untuk menjaga aktivitas belajar peserta didik, pembelajaran terjadi didalam kelas dan diluarkelas. Pembelajaran didalam kelas dan lingkungan sekitarnya didukung informasi materi yang disampaikan tenaga pendidik. Sedangkan pembelajaran diluar kelas didukung dengan teknikpenugasan. Peserta didik dapat membuktikannya ketika tenaga pendidik menginisiasi proses pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk menyampaikan hasil belajarnya secara terbukayang bisa disaksikan bersama-sama dikelas dengan pengelolaan kelas yang mampu memelihara iklim pembelajaran dan terbaginya perhatian secara visual dan verbal.