PENGARUH PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR ALJABAR

Main Author: Haryati Ahda Nasution, Nurdalilah,
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/344
http://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/344/420
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peta konsep  terhadap hasil belajar struktur aljabar. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah peta konsep dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar struktur aljabar. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester V UMN Al-Washliyah Medan. Sampel penelitian  kelas V-C (kelas kontrol) dan kelas V-D (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis data,  bahwa terdapat pengaruh peta konsep terhadap  hasil belajar struktur aljabar.