Daftar Isi:
  • SITI ARBAIYAH, 2016: Model Pembelajaran Keagamaan Berbasis Masjid dalam Meningkatkan Ibadah Siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) Tahun Pelajaran 2015/2016. Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang paling sempurna di muka bumi ini. Manusia diberi kelebihan oleh Allah dibandingkan makhluk lainnya, yaitu berupa akal. Dengan kelebihan yang Allah berikan kepada manusia, maka manusia mempunyai berbagai macam potensi/kemampuan. Untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya maka manusia membutuhkan pendidikan. Sebagai seorang yang beragama Islam, maka pendidikan agama Islam sangat penting untuk manusia agar dapat memahami tentang agama yang dianutnya. Selain itu, pendidikan keagamaan juga sangat dibutuhkan oleh manusia untuk dapat mengamalkan ajaran agamanya. Dalam pendidikan keagamaan pastinya terdapat pembelajaran keagamaan. Untuk mencapai tujuan pendidikan keagamaan, SMP Al-Baitul Amien Jember menerapkan model pembelajaran keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi model pembelajaran keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah (mahdhah dan ghairu mahdhah)siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran2015/2016? Sedangkan tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan tentang model pembelajaran keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah (mahdhah dan ghairu mahdhah) siswa di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1)Impelementasi pembelajaran keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah mahdhah siswa berjalan dengan maksimal yaitu dengan menggunakan model istiqomah yang dilakukan setiap hari di SMP Al-Baitul Amien Jember yang berupa pembelajaran sholat (baik sholat wajib maupun sholat sunnah), membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan bahan ajar yang berupa buku panduan SMP Al-Baitul Amien Jember dan dilengkapi dengan buku agenda siswa SMP AlBaitul Amien Jember yang berisi tentang kegiatan ibadah seharihari baik disekolah maupun dirumah. 2) Implementasi pembelajaran keagamaan berbasis masjid dalam meningkatkan ibadah ghairu mahdhah siswa juga berjalan dengan secara maksimal dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan metode pembelajaran ceramah dan pendekatan tadzkirah terutama dalam mengajari siswa untuk berakhlakul karimah kepada sesama dan lingkungannya