PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI I GLAGAH WERO KECAMATAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Rohmanuadi Al Herman Tetuko, 084116013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/89/7/HALAMAN%20JUDUL%20DST.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/89/ |
Daftar Isi:
- Rohmanuadi Al Herman Tetuko, 2015. Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero Kecamatan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pentingnya kebututuhan membaca al-Qur’an, banyak pegiat da’wah yang berusaha mencari cara yang mudah untuk mengajarkan cara belajar membaca alQur’an dengan cepat dan mudah. Akhir-akhir ini banyak bermunculan lembaga pendidikan yang menitik beratkan pada aspek pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan menggunakan berbagai metode baca tulis yang diciptakan agar santri/peserta didik dapat memahami dan dapat menguasai materi dengan mudah. Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana Penerapan Metode Iqro” Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur”an Siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? sedangkan sub fokus penelitian adalah 1) Bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf dan 2) Bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca al Qur’an, sedangkan tujuan khusus 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf hijaiyah. 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca al Qur’an sesuai kaidah tajwid siswa Sekolah Dasar Negeri I Glagah Wero kecamatan Kalisat Jember tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dokumentasi, wawancara. Analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data akan diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan : 1. Penerapan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca al Qur”an adalah melalui Ath Thoriqah bil Muhaakah, Ath Thoriqah bil Musyaafahah, Ath-Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih, Ath thoriqah bis Sual Limaqoo Shidit Ta’limi. 2.a.Penerapap metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf sesuai mahrojul huruf hijaiyah dengan Ath Thoriqah bil Musyaafahah, Ath-Thoriqoh Bil Kalaamish Shoriih. 2.b. Penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dengan cara Ath Thoriqah bil Muhaakah, yaitu ustadz/ustadzah memberikan contoh bacaan yang benar dan santri menirukannya