Daftar Isi:
  • Nur Imamah Nungki Farista Alami, 2016: Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Al-Qur’an adalah kalam Allah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah. Sebagai muslim yang sejati, konsistensi untuk semakin berpegang teguh pada Al-Qur’an semakin penting manakala dikaitkan dengan kondisi zaman yang cenderung menjauh dari nilai-nilai Islam dengan dampak kejahatan sosial yang dominan nampak. Dalam membaca Al-Qur’an agar dapat mempelajari, membaca dan memahami isi dan makna dari tiap ayat yang kita baca, tentunya kita perlu mengenal, mempelajari ilmu tajwid yakni tanda-tanda baca dalam tiap huruf ayat Al-Qur’an. Dari deskripsi di atas, maka peneliti dapat merumuskan fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016?, 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya studi kasus (case study), sedangkan penggalian atau sumber data berasal dari dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Adapun beberapa kesimpulan sebagai hasil penelitian ini adalah: pertama, perencanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo telah menerapkan Prota, Promes, pengembangan silabus serta RPP sebagai acuan dalam pembelajaran. Yang telah dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru Sehingga materi apa yang disampaikan oleh guru kepada siswa sangat signifikan dan prosedural. Kedua, dari hasil pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Yasin Kanigaran Probolinggo yaitu dengan menyampaikan materi huruf hijaiyah baik huruf hijaiyah tunggal maupun hijaiyah sambung, dan menggunakan media pembelajaran berupa buku panduan, iqro’ dan alat peraga, serta menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode ceramahnya dan dan strategi inquiri dengan metode tanya jawabnya Ketiga, dari hasil penelitian bahwa Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an yang ada di Madrasah Ibtidaiyah zainul Yasin Kanigaran Probolinggo telah sesuai dengan prosedural yang telah di tetapkan oleh guru yaitu dengan menggunakan evalusi formatif sebagai proses penilaian awal bagi siswa dengan baca klasikal simak, dan menggunakan evaluasi sumatif sebagai bentuk penilaian akhir bagi siswa dengan praktek membaca satu persatu di depan kelas