PENERAPAN METODE LATIHAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BACA TULIS AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ MAMBA’US SA’ADAH SUKOREJO BANGSALSARI JEMBER TAHUN 2016
Daftar Isi:
- Mustain, 2016: Penerapan Metode Latihan Dalam Meningkatkan Prestasi Baca Tulis Al-Qur’an Santri Di TPQ Mamba’us Sa’adah Sukorejo Bangsalsari Jember Tahun 2016 Keberhasilan TPQ Mamba’us Sa’adah dalam meningkatkan prestasi tidak lepas dari pemilihan dan penentuan metode mengajar yang guru gunakan, karena metode sebagai strategi pengajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal ini TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan, kurang lebih selama sepuluh bulan santri yang akan mengikuti ujian akhir diwajibkan mengikuti pelatihan yang telah ditentukan oleh lembaga. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1)Apa latar belakang TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an?, 2)Bagaimana penerapan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah?, 3)Bagaimana prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah. Tujuan penelitian adalah: 1)Mendeskripsikan latar belakang TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an, 2)Mendeskripsikan penerapan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah, 3)Mendeskripsikan prestasi baca tulis al-Qur’an santri di TPQ Mamba’us Sa’adah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkahlangkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1)Latar belakang TPQ Mamba’us Sa’adah menggunakan metode latihan dikarenakan metode ini sangat maksimal sekali untuk melatih anak supaya terbiasa belajar membaca dan menghafal. Metode latihan ini juga digunakan untuk mempersiapkan santri yang akan mengikuti ujian akhir supaya benar-benar menguasai semua materi yang telah diajarkan. 2)Penerapan metode latihan dalam meningkatkan prestasi baca tulis Al-Quran secara umum dilaksanakan secara terjadwal yaitu mulai hari sabtu sampai hari kamis dari jam 14:00 sampai jam 16:30 jadi proses pembelajarannya selama dua jam setengah. Ustadz menerangkan materi pelajaran terlebih dahulu, mengajarkan cara membacanya, melatih makhorijul hurufnya dengan suara yang keras dan tegas, kemudian ustadz melatih kecepatan anak untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Ustadz melatih santri dengan membaca secara terbalik, menyetor hafalan pelajaran sebelumnya dan dilajutkan dengan baca sima’ antar teman. 3)Prestasi santri TPQ Mamba’us Sa’adah dalam bidang baca tulis al-Qur’an sangat meningkat dari tahun ketahun dengan menjadi yang terbaik dari semua TPQ yang ada dikabupaten Jember tepatnya pada tahun 2015 dan 2016 mendapatkan juara satu sekabupaten Jember