PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MONTASE PADA KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL BUSTANUL ULUM TUTUL BALUNG JEMBER

Main Author: Sholihah, Sholihah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-jember.ac.id/670/1/Sholihah.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/670/
Daftar Isi:
  • Motorik halus merupakan kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekpresikan diri dalam berbagai bentuk. Kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Bustanul Ulum dalam pengembangan motorik halus masih terbatas dan rendah, dan pembelajaran motorik halus jarang diberikan dan terabaikan. Dikarenakan lembaga lebih mengutamakan kegiatan calistung untuk peserta didiknya, kegiatan pengembangan motorik halus menjadi kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana permainan montase pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana permainan montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A dengan melalui permainan montase di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan permainan montase pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) mendeskripsikan permainan montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) mendeskripsikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A dengan melalui permainan montase Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa melalui (1) permainan montase pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum yaitu guru memberikan kesempatan kesempatan pada peserta didik dan memberikan pendampingan pada saat pembelajaran kegiatan montase. (2) permainan montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum yaitu melalui langkah-langkah pengembangan permainan montase antara lain: guru menyiapkan menyiapkan bahan dan alat yang digunakan untuk kegiatan montase, guru memilih gambar,anak memilih tema secara bebas (3) meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A dengan melalui permainan montase Raudhatul Athfal Bustanul Ulum yaitu melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penutup atau evaluasi (penilaian).