IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Meyriska Nur Fadillah, 2016: Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Menuju Sekolah Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sekolah adiwiyata merupakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadikan dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo yang mempunyai visi : “Terwujudnya Madrasah yang Islam, Unggul dalam Prestasi dan berwawasan Lingkungan”. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus penelitian diantaranya: 1)Bagaimana perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016. 2)Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016. 3)Bagaimana evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggotahun pelajaran 2015/2016. 2)Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016. 3)Mendeskripsikan evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju menuju adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/20016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1)Perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016 yaitu guru sebelum mengajar membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan ditambahkan materi yang berkaitan dengan lingkungan hidup, serta melakukan aksi kegiatan seperti penanaman pohon, pembuatan biopori, dan memilah sampah organik dan non organik. 2)Pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo yaitu Kurikulum adiwiyata menjadi kurikulum tersembunyi yang artinya diintegrasikan pada semua mata pelajaran dan kurikulum PAI juga harus mengandung muatan meteri lingkungan hidup. Disamping itu, pelaksanaannya sudah maksimal sesuai dengan perencanaan yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota probolinggo. 3)Evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo yaitu hasil evaluasinya menggunakan tes dan non tes. Evaluasi tes tersebut seperti ulangan harian dan ulangan semester serta evaluasi non tes, seperti ujian praktek sehingga semua guru dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa yang didapatkan dari proses pembelajaran pendidikan lingkungan hidup dan hasil evaluasi tersebut sudah dilakukan pada semua mata pelajaran khususnya mata pelajaran PAI.