Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mery Zaro Zaidatur Rizky, (NIM: 08411131) 2016: Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat untuk Mendisiplinkan Siswa di SMA Islam Gumukmas-Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Kedisiplinan merupakan suatu proses perubahan seseorang untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. Belajar merupakan tugas seseorang pelajar,namun dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa masalah yang dapat menganggu konsentrasi siswa yaitu salah satunya kedisiplinan siswa itu sendiri baik dalam kedisiplinan kehadiran dan tingkah laku siswa.Sebagaimana lembaga sekolah sebagai tempat proses pendidikan terjadi untuk mencapai tujuan yakni mendidik siswa menjadi pintar dan berakhlak mulia maka dibutuhkan strategi untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di dalam lembaga sekolah tersebut. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mendisiplinkan siswa yaitu pemanfaatan teknologi yang diketahui dapat memudahkan aktivitas manusia. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk mendisiplinkan siswa di SMA Islam Gumukmas-JemberTahun Pelajaran 2015/2016?Dimana sub fokus penelitian meliputi:(a) Bagaimana pemanfaatan teknologi finger print sebagai alat untuk mendisiplinkan kehadiran siswa di SMA Islam Gumukmas-Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, (b) Bagaimana pemanfaatan teknologi CCTV sebagai alat untuk mendisiplinkan tingkah laku siswa di SMA Islam Gumukmas-Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini untuk (a) Mendeskripsikan pemanfaatan teknologi finger print sebagai alat untuk mendisiplinkan kehadiran siswa di SMA Islam Gumukmas-Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, (b) Mendeskripsikan pemanfaatan teknologi CCTV sebagai alat untuk mendisiplinkan tingkah laku siswa di SMA Islam Gumukmas-Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Metode dan prosedur penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif,penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling, penggumpulan data dengan menggunakan metode observasi,interview dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data,penyajian data. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk mengukur kebenaran dan validitas data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan umum yaitu:Pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk mendisiplinkan siswatelah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin untuk mendidik siswa untuk disiplin, sehingga apabila ada siswa yang melanggar akan diberi nasehat maupun hukuman. Selain itu, pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk mendisiplinkan siswa di SMA Islam Gumukmas terhadap siswa adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa baik dalam kehadiran maupun tingkah laku siswa, hal ini juga didukung oleh dewan gurudengan melakukan pengawasan saat kegiatan kedisiplinan dilakukan