Pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Unggulan Pondok Pesantren Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi
Main Author: | Mundir, Mundir |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STAIN Jember
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/595/1/Laporan%20penelitian%3B%20Pengembangan%20program%20pembelajaran%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20Sekolah%20Menengah%20Pertama%20Unggulan%20Pondok%20Pesantren%20Bustanul%20Makmur%20Genteng%20Banyuwangi.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/595/ |
Daftar Isi:
- Suatu kenyataan yang dihadapi dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan formal adalah rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas. Permasalahannya adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang berhasil dalam pembentukan perilaku positif siswa. Lemahnya aspek metodologi yang dikuasai oleh guru juga merupakan penyebab rendahnya kualitas pembelajaran. Metode yang banyak dipakai adalah model konvensional yang kurang menarik. Apabila kualitas pembelajaran tidak dapat ditingkatkan, tidak menutup kemungkinan tujuan Pendidikan Agama Islam pun tidak akan sesuai dengan yang diharapan. Secara umum tujuan Pendidikan Agama Islam adalah membentuk pribadi taqwa. Di samping itu ada juga yang merumuskan bahwa tujuan Pendidikan Agama Islam adalah membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa keapda Allah SWT, memiliki pengetahuan yang luas tentang Islam dan berakhlakul karimah.