Sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember Tahun 2010/2011
Main Author: | Ahmadi, Ahmadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/521/1/Ahmadi_NIM.084071119.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/521/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan agama merupakan bagian dari pendidikan yang amat penting berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak dan keagamaan, oleh karena itu pendidikan agama juga menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Tujuan pendidikan nasional memiliki relevansi dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yang muaranya adalah untuk menciptakan insal kamil yang memiliki, ketauhidan dan keislaman, yang didalamnya juga mencerminkan adanya akumulasi tiga aspek pendidikan yang meliputi kognifif, afektif dan pskomotorik. Pendidikan Agama Islam sebagai bidang study yang diberikan di setiap lembaga pendidikan adalah sebagai salah satu upaya mentranformasikan nilainilai moral yang islami pada peserta didik sehingga memiliki sikap moral yang tangguh dan tanggap terhadap fenomena yang mengarah pada degradasi moral sebagai akibat adanya era globalisasi informasi yang sarat dengan muatan nilainilai yang sifatnya tidak islami sulit untuk dihindari. Pendidikan islam dalam hal ini sangat fundamental sebagai kendali moral, bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember tahun 2010/2011? karena itu yang menjadi tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Buligading Bangsalsari Jember, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini mengambil lokasi Madrasah Aliyah Bustanul ulum Bulugading Bangsalsari jember , metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan documentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif reklektif, dan penentuan sampel disini Kepala Madrasah, Guru agama, waka kurikulum, TU dan siswa. Penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi ini dilakukan di Madrasah Aliyah Busatanul Ulum, pertama terkait dengan dasar dan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam tetap mengacu kepada Al-quran dan hadist serta Undang-Undang Sikdiknas dan pskologi, yang tujuannya dari pembelajaran untuk menjadikan insan kamil yang memiliki nila-nilai keislaman yang nantinya bisa diaplikasikan. Kedua materi pendidikan Islam yang disampaikan meliputi Aqidah, Syariah dan akhlak, dan dijabarkan menjadi keimanan, ibadah, Al-Quran, Akhlah, SKI dan bahasa arab, didalam pelaksanaan penyampaian materi sudah berjalan sebagaimana mestinya, ketiga metode yang digunakan dalam sistem pembelajaran pendidikan Agama Islam adalah metode ceramah, Tanya jawab, demontrasi dan penugasan/resitasi, sedangkan metode diskusi kurang begitu diterapkan karena kurang efektif. Keempat sistem evaluasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan guru ada evaluasi sumatif, formatif dan diagnostik.Kesimpulannya Sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari jember sudah sesuai dengan KTSP atau kurikulum yang ditentukan oleh Madrasah.