Daftar Isi:
  • ABSTRAK Imas Amalia Nuriswati, 2016: Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan Strategi pembelajaran Active Learning Di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah suatu usaha seorang guru pendidikan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan mengajak siswa belajar aktif di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Di Desa Nogosari dengan menggunakan, metode tanya jawab, metode diskusi, metode jigsaw, metode problem solving, resitasi, metode latihan, metode praktek. Berdasarkan uraian diatas maka yang menjadi fokus penelitian: (1)Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Active Learning di Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017.(2)Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran Active Learning di Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Active Learningdi Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017. (2)Untuk mendeskripsikan apa saja faktor–faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Active Learning di Madrasah Diniyah Al-Junaidi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Analisa datanya menurut Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, verification/ penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan Trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik/ Metode. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Penerapan Strategi pembelajaran Active Learning Di Madrasah Diniyah Al-Junaidi Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan dengan lancar walaupun masih ada kekurangan. Metode yang digunakan yaitu, tanya jawab, diskusi, jigsaw, problem solving, resitasi, latihan, demonstrasi atau praktek. Guru juga banyak memberikan motivasi agar siswa berminat terhadap materi yang disampaikan. Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu adanya minat siswa belajar yang tinggi, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses pembelajaran. Faktor penghambat yaitu adanya sebagian siswa yang masih tidak mau mengemukakan pendapatnya serta dilihat dari perbedaan latar belakang dari setiap siswa