Strategi pembelajaran tematik di MIN III Bondowoso
Main Author: | Muhith, Abd |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
IAIN Jember
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/516/1/Strategi%20pembelajaran%20tematik%20di%20MIN%20III%20Bondowoso.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/516/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran tematik adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu tema tertentu dengan proses pembelajaran yang bermakna, sesuai perkembangan siswa. Sebagai salah satu contoh kelas 1 semester 1 dengan tema Diriku, subtema Aku dan Teman Baru; yang didalamnya mencakup beberapa komponen mata pelajaran seperti halnya Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, SBDP, PJOK yang digabung dalam satu tema tertentu. Pendekatan tematik integratif, tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Kegiatan pembelajaran sangat memberikan makna yang utuh terhadap peserta didik seperti tergambar dalam bebera tema. Aktivitas pembelajaran tersebut selaras dengan bebiasaan peserta didik usia SD/MI yang mempunyai tiga karakteristik utama dalam belajar yaitu secara nyata, mendalam dan terkait satu sama lain. Pembelajaran tematik diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-undang sistem pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.