IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH BANY KHOLIEL BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fina Mardiana, 2016: Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pendekatan saintifik memasukkan pendidikan karakter dan kreativitas sebagai andalan untuk melahirkan anak-anak yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia serta melahirkan anak-anak yang inovatif yang mampu mencari alternatif-alternatif dari persoalan atau tantangan masa depan yang rumit. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak; 2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017 Pertama tahap persiapan: a) menyiapkan RPP, b) menyiapkan sumber belajar, c) menyiapkan media pembelajaran. Kedua tahap pelaksanaan ada lima proses yaitu a) mengamati, b) menanya, c) mengumpulkan, informasi/mencoba, d) menalar, e) mengomunikasikan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Bany Kholiel Bangsalsari Tahun Pelajaran 2016/2017 diantaranya: a) faktor pendukung seperti adanya media dan sumber belajar serta antusias siswa; b) faktor penghambat seperti kesulitan dalam mencari strategi dan kekurangan waktu dalam mengajar