Analisis kemampuan bernalar siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika materi logaritma ditinjau dari gaya berpikir
Main Authors: | Lestari, Puji Ayu, Farihah, Umi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/487/1/Analisis%20kemampuan%20bernalar%20siswa%20kelas%20X%20dalam%20menyelesaikan%20masalah%20matematika%20materi%20logaritma%20ditinjau%20dari%20gaya%20berpikir.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/487/ http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/issue/view/118 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang tampak heterogen. Penyelesaian masalah matematika membutuhkan kemampuan penalaran. Penalaran merupakan proses pengambilan kesimpulan pada suatu masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada dengan matematika yang disebabkan oleh berbedanya cara siswa dalam mengolah informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bernalar siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah matematika materi logaritma ditinjau dari gaya berpikir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah delapan siswa kelas X SMAN Rambipuji Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan dominasi gaya berpikir yang berbeda; dua siswa Sekuensial Konkret, dua siswa Sekuensial Abstrak, dua siswa Acak Konkret, dua siswa Acak Abstrak. Pengumpulan data menggunakan tes pengolahan informasi, tes kemampuan penalaran, observasi, wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.