IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SMPLB-BCD YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | FAIS ZATUL ISMAH, 084 111 183 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/46/1/1.%20cover.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/2/2.%20BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/3/3.%20BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/4/4.%20BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/5/5.%20BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/6/6.%20BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/7/8.%20daftar%20pustaka.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/46/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fais Zatul Ismah. 2016: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunarungu Di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC)Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan agama merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik untuk menjadi manusia yang berahklak mulia (bermoral) sebab bangsa Indonesia sedang mengalami krisis yang berkepanjangan, terutama krisis moral, memiliki ilmu yang tinggi tanpa dibarengi dengan keimanan dan ketaqwaan dapat membahayakan dan merusak tatanan hidup umat manusia itu sendiri, karena akan melahirkan manusia-manusia yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan kepentingan umum.. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLB-BCD (YPAC) Kaliwates jember 2016/2017? 2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLB-BCD (YPAC) Kaliwates jember 2016/2017? 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLB-BCD (YPAC)Kaliwates Jember 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLB-BCD (YPAC) Kaliwates Jember; 2)Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLBBCD (YPAC) Kaliwates Jember; 3)Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI pada anak tunarungu di SMPLB-BCD (YPAC) Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1)Perencanaan pembelajaran PAI untuk anak tunarungu pada dasarnya sama dengan sekolah pada umumnya, di SMPLB anak turunarungu mempunyai tingkat kecerdasan dan pendengaran yang berbeda, oleh karena itu RPP disetiap anak berbeda. Guru PAI membuat RPP sebanyak siswa yang ada di kelas. Hanya saja guru di SMPLB sendiri mengumpulkan satu karena sebagai administrasi sekolah; 2)Pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak tunarungu haruslah di ulang-ulang secara jelas dan perlahan serta tatapan seorang guru tidak boleh lengah dari siswa agar siswa paham dengan ucapan yang dilakukan oleh guru, dan menggunakan bahasa isyarat, bahasa bibir, dan mimik muka.; 3) Evaluasi pembelajaran PAI bagi anak tunarungu di SMPLB melalui tes dan non tes. Tes yang harus diikuti praktek, ulangan harian, sedangkan non tesnya dilakukan dengan cara guru mengamati secara langsung perilaku maupun kemampuan akademik siswa selama pembelajaran berlangsung