Pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus

Main Author: Umi, Farihah
Format: Article PeerReviewed Book ArchiveItem
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-jember.ac.id/436/1/Pengaruh%20program%20interaktif%20Geogebra%20terhadap%20motivasi%20dan%20hasil%20belajar%20siswa%20pada%20materi%20grafik%20persamaan%20garis%20lurus.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/436/
http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN Kampak Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan jumlah siswa kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pretes, postes dan angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji z. Hasil analisis data dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra (2) hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Jadi Geogebra dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.