Tingkat visualitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya belajar
Main Author: | Umi, Farihah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Surabaya
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/435/2/Tingkat%20visualitas%20siswa%20dalam%20menyelesaikan%20masalah%20matematika%20berdasarkan%20gaya%20belajar.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/435/ http://jurnal.bdksurabaya-kemenag.com/index.php/inovasi/article/view/40 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat visualitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII MTsN Kampak Trenggalek, tahun pelajaran 2014/2015 dengan gaya belajar yang berbeda yaitu dua siswa visual, dua siswa auditorial, dan dua siswa kinestetik. Instrumen Pengolahan Matematika (MPI) Suwarsono (1982) diberikan untuk menentukan tingkat visualitas mereka. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat visualitas siswa yang bergaya belajar visual adalah visualizer, tingkat visualitas siswa yang bergaya belajar auditorial adalah harmonic thinker, dan tingkat visualitas siswa yang bergaya belajar kinestetik ada yang visualizer dan ada yang harmonic thinker.