Pengembangan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam

Main Author: Muhith, Abd
Format: Book PeerReviewed ArchiveItem
Bahasa: ind
Terbitan: Imtiyaz , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-jember.ac.id/361/1/Pengembangan%20mutu%20pembelajaran%20pendidikan%20agama%20Islam.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/361/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspekakidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikihmenekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, danmengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam. Sementara itu pendidikan agama Islam merupakan kebutuham umat Islam agar menjadi manusia yang sempurna (Insan Kaamil), sedang untuk menjadi manusia yang sempurna, perlu memahami Islam secara utuh dan integral (kaaffah). Untuk memahami pendidikan islam yang integral perlu adanya pengembangan materi pendidikan agama Islam yang efektif dan efisien dengan mendalami materi primer, yaitu al Qur’an dan al-Hadits. Perubahan dan pengembangan Pembelaran Pendidikan harus dilaksanakan dengan terus menerus mengikuti lajunya perkembangan masyakat, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni baik pada tataran lokal, mondial, maupun global.