ANALISIS PERSAINGAN PEDAGANG KLONTONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pedagang Klontongan Pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi)
Main Author: | YESI OCKITA SARI, 083 122 037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/232/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/232/ |
Daftar Isi:
- Yesi Ockita Sari, 2016: ANALISIS PERSAINGAN PEDAGANG KLONTONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pedagang Klontongan Pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi)”. Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam islam. Rasulallah sangat menghargai harga sebagai harga yang adil. Oleh karena itu Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan dan keadilan. Terkait dengan persaingan, Islam sudah mengatur etika dan cara bersaing dalam berdagang, agar tercipta persaingan yang sehat tanpa adanya penyimpangan-penyimpangan, seperti yang telah Rasulallah contohkan, bagaimana bersaing dengan baik ketika berdagang, rasul tidak pernah melakukan usaha untuk menghancurkan pesaingnya, yang beliau lakukan adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan menyebutkan spesifikasi barangnya denga jujur termasuk jika barang tersebut terdapat cacatnya. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar tradisional Benculuk yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, karena pasar tradisional adalah tempat yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan, seperti penipuan, pengoplosan barang halal dan haram dan sebagainya. Dalam hal ini, fokus penelitian dalam skripsi ini ada 2 yaitu: 1) Bagaimana bentuk persaingan dan upaya memenangkan persaingan antar pedagang klontongan di pasar Benculuk dalam Etika Bisnis Islam? 2) Bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadap persaingan pedagang klontongan di pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk persaingan dan upaya memenangkan persaingan antar pedagang klontongan di pasar Benculuk dalam Etika Bisnis Islam, untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadap persaingan pedagang klontongan di pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber. Dengan demikian peneliti memperoleh kesimpulan bahwa 1) bentuk persaingan yang terjadi di pasar Benculuk antar sesama pedagang klontongan ditinjau dari obyek yang dipersaingkan ialah dari segi kualitas barang, harga yang terjangkau, serta pelayanan yang memuaskan dari para pedagang, sedangkan lokasi dan layanan purna jual barang yang sudah dibeli tidak mempengaruhi pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli, dari bentuk persaingan tersebut, pedagang bisa memenangkan persaingan yang terjadi. 2) pandangan etika bisnis Islam berdasarkan persaingan yang terjadi di pasar Benculuk adalah, para pedagang klontongn bersaing secara sehat tetapi belum maksimal dalam menerapkan prinsip dasar beretika bisnis dalam Islam