STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM
Main Author: | USWATUN HASANAH, 083 122 056 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/231/1/Cover%20Skripsi.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/ |
ctrlnum |
231 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/</relation><title>STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK
YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN 
BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM</title><creator>USWATUN HASANAH, 083 122 056</creator><subject>150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)</subject><description>Uswatun Hasanah, 2016: Strategi Penyesuaian Harga Terhadap Kualitas 
Produk yang Ditawarkan di Pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember Persepsi Etika Bisnis Islam. 

Strategi harga dan kualitas digunakan sebagai strategi menghadapi pesaing 
dalam pasar. Keseimbangan akan terjadi bila harga dan kualitas sama dan sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam agar tidak ada pihak yang dirugikan.
Oleh karena itu, mekanisme pasar harus diciptakan sedemikian rupa agar tidak
menimbulkan malapetaka. 
Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian
ini adalah bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang
ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?;
Bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan
di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam?; Bagaimana strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika
bisnis Islam?. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian
harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis
Islam, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk 
yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. 
Dan untuk lokasi penelitiannya di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah subjek primer dan subjek
sekunder. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsaan data
menggunakan triangulasi sumber. 
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan
oleh penjual di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
bermacam-macam, antara lain: strategi hidup bersama dalam pasar yang sama
berdasarkan kelompok mutu dan harga, strategi memperbaiki dan meningkatkan,
dan strategi yang merugikan. Strategi yang digunakannyapun telah sesuai dengan
prinsip-prinsip etika bisnis Islam walaupun ada beberapa penjual yang masih
melakukan pelanggaran tidak etis dengan menggunakan strategi merugikan</description><date>2016-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/1/Cover%20Skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> USWATUN HASANAH, 083 122 056 (2016) STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:ArchiveItem Document |
author |
USWATUN HASANAH, 083 122 056 |
title |
STRATEGI PENYESUAIAN HARGA TERHADAP KUALITAS PRODUK
YANG DITAWARKAN DI PASAR DESA BADEAN KECAMATAN
BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM |
publishDate |
2016 |
topic |
150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
url |
http://digilib.iain-jember.ac.id/231/1/Cover%20Skripsi.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/231/ |
contents |
Uswatun Hasanah, 2016: Strategi Penyesuaian Harga Terhadap Kualitas
Produk yang Ditawarkan di Pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember Persepsi Etika Bisnis Islam.
Strategi harga dan kualitas digunakan sebagai strategi menghadapi pesaing
dalam pasar. Keseimbangan akan terjadi bila harga dan kualitas sama dan sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam agar tidak ada pihak yang dirugikan.
Oleh karena itu, mekanisme pasar harus diciptakan sedemikian rupa agar tidak
menimbulkan malapetaka.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian
ini adalah bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang
ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?;
Bagaimana strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan
di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai
dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam?; Bagaimana strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika
bisnis Islam?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian
harga terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga
terhadap kualitas produk yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis
Islam, untuk mendeskripsikan strategi penyesuaian harga terhadap kualitas produk
yang ditawarkan di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Dan untuk lokasi penelitiannya di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah subjek primer dan subjek
sekunder. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Keabsaan data
menggunakan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan
oleh penjual di pasar Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
bermacam-macam, antara lain: strategi hidup bersama dalam pasar yang sama
berdasarkan kelompok mutu dan harga, strategi memperbaiki dan meningkatkan,
dan strategi yang merugikan. Strategi yang digunakannyapun telah sesuai dengan
prinsip-prinsip etika bisnis Islam walaupun ada beberapa penjual yang masih
melakukan pelanggaran tidak etis dengan menggunakan strategi merugikan |
id |
IOS6271.231 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Jember |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
965 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Pusat IAIN Jember |
library_id |
1936 |
collection |
Digital Library IAIN Jember |
repository_id |
6271 |
subject_area |
Islam/Agama Islam |
city |
JEMBER |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6271 |
first_indexed |
2018-10-19T06:25:30Z |
last_indexed |
2019-05-09T06:58:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686408307880755200 |
score |
17.538404 |