ctrlnum 226
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/</relation><title>PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI&#xD; PEMASARAN BIRO PERJALANAN HAJI ATAU UMROH &#xD; (Study: PT. Ebad Wisata Jember &#x201C;Tour dan Travel&#x201D;)</title><creator>SITI ROMLAH, 083122076</creator><subject>220102 Business Ethics</subject><description>Siti Romlah, 2016: Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran &#xD; Biro Perjalanan Haji atau Umroh (Study: PT. Ebad Wisata Jember &#x201C;Tour&#xD; dan Travel&#x201D;) &#xD; &#xD; Etika Bisnis Islam merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui &#xD; hal-hal yang benar dan yang salah yang selanjutnya tentu melakukan hal yang&#xD; benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang&#xD; berkepentingan dengan tuntutan perusahaan. Sebagai bisnis yang bergerak dalam&#xD; bidang jasa pelayanan umrah dan haji dengan persaingan yang cukup ketat dengan&#xD; biro-biro perjalanan umrah dan haji lain, membuat PT Ebad Wisata Jember&#xD; dituntut agar memiliki kebijakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan&#xD; efisien dalam mempromosikan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Apakah&#xD; strategi komunikasi yang dijalankan oleh perusahaan PT Ebad Wisata tersebut&#xD; sesuai dengan penerapan etika bisnis Islam atau tidak mengingat dengan&#xD; persaingan-persaingan diluar yang sangat ketat. &#xD; Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran&#xD; biro perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember &#x201C;Tour dan Travel&#x201D;?, 2).&#xD; Bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro&#xD; perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember &#x201C;Tour dan Travel&#x201D;? &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penentuan informan&#xD; menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan&#xD; teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan&#xD; analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan denagn triangulasi sumber. &#xD; Hasil penelitian ini adalah: 1). Strategi komunikasi pemasaran yang&#xD; dilaksanakan oleh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). penjualan personal b).&#xD; Periklanan c). Promosi penjualan d). Publisitas e). Pemasaran langsung 2).&#xD; Penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji&#xD; atau umroh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). Prinsip Otonomi yaitu membekali&#xD; para karyawan dengan dengan public speaking, product knowledge, dan service&#xD; excellent agar dapat menguasai produk, melayani serta memberikan sosuli kepada&#xD; pelanggan dengan tepat dan benar, b). Prinsip kejujuran (Shiddiq) yaitu&#xD; menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan apa adanya da tidak menjebak &#xD; atau sesuai dengan faktanya, c). Prinsip keadilan yaitu dengan menggunakan &#xD; bahasa yang di mengerti pelanggan, d). Prinsip saling menguntungkan yaitu&#xD; senantiasa konsisten menginformasikan dengan mengedepankan nilai kejujuran,&#xD; agar semua pihak berusaha saling menguntungkan satu sama lain, e). Prinsip&#xD; integritas moral yaitu dengan menjamin kualitas produk sehingga mampu menjaga&#xD; nama baik perusahaan dan nama baik pelanggan serta bertanggungjawab terhadap&#xD; amanah yang menjadi hak pelanggan.</description><date>2016-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/226/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SITI ROMLAH, 083122076 (2016) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN BIRO PERJALANAN HAJI ATAU UMROH (Study: PT. Ebad Wisata Jember &#x201C;Tour dan Travel&#x201D;). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>226</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:ArchiveItem
Document
author SITI ROMLAH, 083122076
title PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN BIRO PERJALANAN HAJI ATAU UMROH (Study: PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”)
publishDate 2016
topic 220102 Business Ethics
url http://digilib.iain-jember.ac.id/226/1/cover.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/3/BAB%20I.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/5/BAB%20III.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/6/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/7/BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/226/
contents Siti Romlah, 2016: Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran Biro Perjalanan Haji atau Umroh (Study: PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”) Etika Bisnis Islam merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui hal-hal yang benar dan yang salah yang selanjutnya tentu melakukan hal yang benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan tuntutan perusahaan. Sebagai bisnis yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan umrah dan haji dengan persaingan yang cukup ketat dengan biro-biro perjalanan umrah dan haji lain, membuat PT Ebad Wisata Jember dituntut agar memiliki kebijakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien dalam mempromosikan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Apakah strategi komunikasi yang dijalankan oleh perusahaan PT Ebad Wisata tersebut sesuai dengan penerapan etika bisnis Islam atau tidak mengingat dengan persaingan-persaingan diluar yang sangat ketat. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran biro perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”?, 2). Bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember “Tour dan Travel”? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan denagn triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1). Strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). penjualan personal b). Periklanan c). Promosi penjualan d). Publisitas e). Pemasaran langsung 2). Penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran biro perjalanan haji atau umroh PT. Ebad Wisata Jember yaitu: a). Prinsip Otonomi yaitu membekali para karyawan dengan dengan public speaking, product knowledge, dan service excellent agar dapat menguasai produk, melayani serta memberikan sosuli kepada pelanggan dengan tepat dan benar, b). Prinsip kejujuran (Shiddiq) yaitu menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan apa adanya da tidak menjebak atau sesuai dengan faktanya, c). Prinsip keadilan yaitu dengan menggunakan bahasa yang di mengerti pelanggan, d). Prinsip saling menguntungkan yaitu senantiasa konsisten menginformasikan dengan mengedepankan nilai kejujuran, agar semua pihak berusaha saling menguntungkan satu sama lain, e). Prinsip integritas moral yaitu dengan menjamin kualitas produk sehingga mampu menjaga nama baik perusahaan dan nama baik pelanggan serta bertanggungjawab terhadap amanah yang menjadi hak pelanggan.
id IOS6271.226
institution Institut Agama Islam Negeri Jember
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 965
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Jember
library_id 1936
collection Digital Library IAIN Jember
repository_id 6271
subject_area Islam/Agama Islam
city JEMBER
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6271
first_indexed 2018-10-19T06:25:30Z
last_indexed 2019-05-09T06:58:00Z
recordtype dc
_version_ 1686408307665797120
score 17.538404