PERAN PEMBINA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ANNURIYYAH KALIWINING – RAMBIPUJI – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Vina Faiqotul Himmah, 2016: Peran Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining – Rambipuji – Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Pembina adalah seorang pemimpin yang dianggap mampu untuk membimbing, mengarahkan, memotivasi serta mengevaluasi peserta didiknya dalam membentuk karakter. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembina mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Di MTs Annuriyyah telah menjadikan peran pembina OSIS sebagai unsur terpenting dalam membentuk karakter siswa. Dengan hal tersebut akan meningkatkan peran pembina OSIS sebagai pembimbing, motivator, serta evaluator. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pembina sebagai pembimbing OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peran pembina sebagai motivator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peran pembina sebagai evaluator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana peran pembina sebagai pembimbing OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mendeskripsikan peran pembina sebagai motivator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017, 3) Untuk mendeskripsikan peran pembina sebagai evaluator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-RambipujiJember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtiatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reserch) bentuk study kasus, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik, serta analisa datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Peran pembina sebagai pembimbing OSIS dalam program yang dilaksanakan oleh OSIS seperti program Tasofahan (salaman pagi) dalam membentuk karakter religius siswa. dalam membimbing potensi, pembina OSIS memberikan pelatihan berupa soal-soal untuk dijawab oleh siswa yang berpotensi dalam waktu tertentu. Dalam membimbing bakat siswa, OSIS membuat program mading yang sudah ada disetiap kelas, dan minat yang dimiliki siswa dibimbing pada saat ada kegiatan perlombaan yang diadakan pada hari-hari besar, dengan cara mendaftarkan diri kepada OSIS. Serta memberikan Punnishment kepada siswa yang sering terlambat untuk masuk kelas untuk membentuk karakter kedisiplinan siswa. 2) Peran pembina sebagai motivator dalam memberikan motivasi, pembina OSIS memberikan pujian kepada siswa untuk memberikan semangat serta memberikan arahan dan dorongan berupa kata-kata (Vocal) untuk membangkitkan semangat siswa dengan memberikan contoh seorang Public Figur. 3) Peran pembina sebagai evaluator OSIS dalam membentuk karakter tanggung jawab pengurus OSIS dengan memberikan evaluasi kepada pengurus OSIS pada akhir bulan secara rutin dengan mengadakan rapat evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dan pengurus OSIS