IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB-A TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) BINTORO PATRANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | RINI ERI TAKIYA, 084 111 344 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/187/1/Halaman%20Depan.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/3/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/4/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/5/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/7/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/187/ |
Daftar Isi:
- Rini Eri Takiya, 2016: Implementasi Pendekatan Individual dalam Pembelajaran PAI Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Bintoro Patrang Jember. Tidak ada perbedaan di hadapan Allah swt anak-anak yang normal dengan anak-anak yang memiliki kekurangan fisik dan mental Pendidikan tidak hanya diberikan kepada orang yang memiliki kelengkapan fisik tetapi juga diberikan kepada anak yang memiliki kekurangan fisik salah satunya yaitu siswa tunanetra. Anak tunanetra dapat memperoleh pendidikan khusus pada Sekolah Luar Biasa (SLB-A) TPA Bintoro Patrang Jember. Para siswa normal membutuhkan berbagai Pendekatan dalam pembelajarannya, begitupun siswa tuna netra yang membutuhkan lebih banyak Pendekatan agar mereka bisa menyerap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal. Salah satu pendekatan yang digunakan pada siswa tuna netra yaitu Pendekatan Individual, Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pendekatan individual dalam pembelajaran (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan individual dalam pembelajaran (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember? (3) Bagaimana evaluasi pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tuna netra di SLB-A TPA Bintoro Patrang Jember. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunanetra meliputi pengembangan rencana pelaksaaan pembelajaran yang dikembangkan, di program serta disusun oleh guru masing-masing bidang study (2) Pelaksanaan pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi siswa tunanetra. Dengan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut: menyampaikan materi yang akan dipelajari, bercerita dahulu sebelum menyampaikan materi, siswa menulis materi yang telah dijelaskan, dan siswa mencari dan membaca dalil yang berkaitan dengan tema yang telah dijelaskan. (3) Evaluasi pendekatan individual dalam pembelajaran PAI bagi anak tunanetra dilakukan dengan menggunakan evaluasi proses berupa evaluasi dengan pertanyaan lisan dan ulangan harian, dan evaluasi sumatif dan formatif